Langsung ke konten utama

Mengenal Kumbang Labu Aulacophora indica

Nama ilmiah: Aulacophora indica
Nama asing: Cucurbit leaf beetle
Familia: Chrysomelidae
Deskripsi: 
  1. Memiliki bentuk tubuh oval/lonjong dengan ukuran tubuh sekitar 8 mm berwarna dominan orange. 
  2. Kumbang ini memakan anggota tanaman dari keluarga Cucurbitaceae seperti mentimun, labu, melon, semangka dan labu. 
  3. Telur berwarna kuning dan diletakkan dipangkal tanaman Cucurbitaceae,ketika larva menetas maka akan memakan akar tanaman tersebut. 
  4. Kumbang labu dewasa dapat hidup hingga sepuluh bulan dan betina dapat menghasilkan hingga 500 telur. 
  5. Kumbang labu dewasa memakan dedaunan dan bunga dari tanaman inang. 
  6. Tanaman yang masih muda dapat dengan mudah mati ketika diserang oleh kumbang jenis ini. 
  7. Merupakan serangga hama yang menyerang tanaman khususnya Cucurbitaceae.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Lebah Biru Amegilla cingulata

Nama ilmiah: Amegilla cingulata Nama asing: Blue Banded Bee Familia: Apidae Deskripsi: Lebah biru  Amegilla cingulata memiliki ukuran tubuh 10-12 mm yang membedakannya dengan lebah madu jenis lain yaitu terdapat garis biru pucat di perutnya. Blue Banded Bee dikenal  sebagai buzz polinator.  Mereka menggunakan teknik khusus untuk mendapatkan serbuk sari yang dikenal dengan nama penyerbukan buzz. Lebah ini akan memegang bunga dan bergetar dengan suara degungan yang keras. Getaran akan membuat bunga menjatuhkan serbuk sari ke tubuh lebah.  Lebah jenis ini membangun sarang soliter tapi saring kali berdekatan dengan jenis lain.  Sarangnya biasa dibuat di lubang-lubang batu di tepi sungai kering dan diantara batubata rumah.  Hanya berkeliaran mencari makan sejauh radius 300 meter dari sarang mereka.  Dapat menyengat tetapi tidak seagresif lebah lainnya. Serta dapat bergerak lebih cepat dibanding lebah lainnya. 

Mengenal Belalang Coklat Phlaeoba sp.

Nama ilmiah: Phlaeoba sp. Nama asing: Grasshopper Familia: Acrididae Deskripsi:  Merupakan serangga hama dengan tubuh yang berwarna coklat.  Panjang tubuhnya berkisar 1,5 hingga 1,7 cm.  Tipe kepala hypogantus dengan mulut mulut menghadap ke bawah dan segmen-segmen kepala ada di posisi yang sama dengan kaki.  Memiliki sepasang antena yang pendek.  Sering dijumpai di rerumputan ataupun ranting-ranting kering.  Di beberapa daerah belalang jenis ini dikonsumsi karena mengandung protein yang cukup baik.  Merupakan serangga hama pada tanaman.

Mengenal Lalat Daging Sarcophaga sp.

Nama ilmiah: Sarcophaga sp. Nama asing: Flesh Fly Familia: Sarcophagidae Deskripsi:  Memiliki warna tubuh abu-abu dengan tiga garis hitam membujur pada dada hingga ke perut.  Wilayah yang disukai lalat ini yakni pada daging busuk, kotoran hewan atau manusia, luka pada jaringan mukosa, sayuran, dan buah yang membusuk.  Larvanya tumbuh dan berkembang relatif cepat hanya dalam kurun waktu 3-4 hari sebelum akhirnya masuk ke dalam tanah untuk menjadi pupa. Perkembangan pupa berlangsung selama 7 – 12 hari.  Lalat betina dapat melahirkan 40-60 larva.  Habitat lalat ini di pemukiman dan tempat sampah dan berperan sebagai vektor biologi dan vektor mekanis.